Sunday, December 10, 2006

Coldplay raih penjualan album terbanyak 2005

Band asal Inggris Coldplay berhasil menorehkan namanya sebagai band dengan penjualan album terbanyak dunia tahun 2005 mengalahkan diva pop Mariah Carey dan 50 Cent, demikian menurut International Federation of the Phonographic Industtry (IFPI) seperti dilansir BBC, Jumat (31/04/06).

Coldplay meraih angka penjualan terbanyak lewat albumnya "X&Y" yang terjual sebanyak 8,3 juta kopi di seluruh dunia, mengalahkan penjualan album "The Emancipation of Mimi" dari Mariah Carey yang hanya terjual 7,7 juta kopi sementara album dari 50 Cent "The Massacre" terjual sebanyak 7,5 juta kopi.

Sukses album ke tiga Coldplay yang dirilis Juni lalu ini sekaligus menegaskan posisi mereka sebagai salah satu band yang paling popular di dunia. Lewat album ini juga, Coldplay berhasil merebut dua Brit Awards bulan Feberuari. Posisi ke empat penjualan album terbanyak ditempati Black Eyed Pead lewat "Monkey Business", diikuti "American Idiot " dari Green Day. Sementara Madonna berada diatas pemenang American Idol Kelly Clarkson yang berada di posisi tujuh lewat "Confessions on a Dance Floor CD."

Bintang rap Eminen lewat album greatest hitsnya "Curtain Call" berhasil mengalahkan debut album dari James Blunt "Back to Bedlam" dengan angka penjualan mencapai 5,5 juta. Robbie William tercata sebagai penyanyi Inggris ketiga yang masuk daftar dengan angka penjualan sebesar 5,4 juta dan berada di posisi 10.

0 comment: