Friday, April 18, 2008

Blue Screen of Death (BSOD)

Pengguna windows mungkin pernah mengalami setidaknya sekali, windows stop errors atau “blue screen of death”. tiba-tiba saja layar monitor menjadi biru yang berisi pesan-pesan error seperti salah satu gambar dibawah ini :



Kadangkala jika sedang beruntung problem ini akan teratasi sendiri hanya dengan mereboot komputer.

Apa itu Blue Screen of Death (BSOD) ?

BSOD atau windows stop message terjadi ketika windows memdeteksi suatu problem atau error yang tidak bisa di recover oleh windows iru sendiri, Sistem operasi terhenti dan informasi diagnostik nya ditampilkan dalam bentuk blue screen, seperti itulah kira-kira penjabaran sederhananya.

Menganalisis BSOD

Tipikal dari Windows Xp stop message dibagi kedalam 4 bagian, seperti gambar di atas :

  1. Bagian 1 atau bugcheck information memperlihatkan angka dari stop error (dalam hexadecimal), yaitu informasi mengapa sistem operasi berhenti dan text yang menyebutkan nama dari suatu error dalam kasus ini “DRIVER_IRQI_NOT_LESS_OR_EQUAL.”
  2. Bagian 2 adalah bagian yang memberikan petunjuk umum untuk megatasi error tersebut atau disebut juga ‘recommended user action’.
  3. Bagian 3 adalah “driver information” yang mengandung info vital tentang file driver yang berhubungan dengan blue screen, biasanya akan muncul disini.
  4. bagian 4 adalah ‘debug port and status information’ yang memberikan petunjuk tentang prosedur.

Mungkin inilah penjelasan singkat bagaimana menganalisis bluescreen.

0 comment: